Badan Liga Amatir Indonesia; Berlakukan Beberapa Aturan Baru

Badan Liga Amatir Indonesia; Berlakukan Beberapa Aturan Baru


Untuk Divisi I hingga III
Ada beberapa hal baru yang diketengahkan Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) PSSI dalam pergelaran kompetisi yang dikelolanya.
Jakarta, - Mulai musim kompetisi tahun 2010 ini, BLAI PSSI menerapkan sejumlah aturan baru dalam rangkaian pertandingan Divisi I hingga Divisi III Liga Indonesia. Aturan-aturan ini mengacu pada norma pertandingan sepakbola nasional yang tetap terikat pada ketentuan internasional (FIFA).

Aturan-aturan baru tersebut adalah, pemasangan bendera Merah Putih dan bendera PSSI di tiang bendera di lingkungan stadion pada hari pertandingan. Lainnya, digelarnya bendera Fair Play pada saat kedua kesebelasan memasuki lapangan pertandingan, sebagaimana yang lazim dilakukan pada pertandingan kompetisi profesional (Liga Super & Divisi Utama) yang dilaksanakan oleh Badan Liga Indonesia (BLI).

Di samping itu, adanya kewajiban menyanyikan lagu Padamu Negeri oleh kedua tim yang akan bertanding, walau hanya diberlakukan pada setiap awal turnamen kandang atau home.

Aturan-aturan baru ini mulai diterapkan pada gelaran kompetisi Divisi II Liga Indonesia XVI yang menurut rencana diputar sejak 17 Juli mendatang. Untuk Divisi III, aturan-aturan tersebut diberlakukan setelah kompetisi memasuki persaingan babak wilayah, kemungkinan juga minggu ketiga Juli. Sementara untuk kompetisi Divisi I, diberlakukan sejak kompetisi bergulir, dijadwalkan mulai pertengahan September.

Menurut keterangan Ketua BLAI PSSI Iwan Budianto, berbagai ketentuan baru ini sudah dituangkan dalam Peraturan Organisasi PSSI tentang Kompetisi nomor 07/PO/PSSI/IX/2009, dan sudah dijabarkan kembali pada para perwakilan klub-klub peserta kompetisi Divisi I, Divisi II dan Divisi III Liga Indonesia 2010-2011 dalam berbagai kesempatan.

"Termasuk pada workshop atau lokakarya terakhir yang kami lakukan pekan lalu di Jakarta," kata Iwan Budianto. Iwan Budianto menjelaskan, perwakilan klub-klub peserta kompetisi liga amatir sepenuhnya dapat memahami aturan-aturan baru ini.

"Mereka berpendapat bahwa aturan-aturan tersebut justru meningkatkan atmosfir pertandingan sepakbola," jelas Iwan Budianto dikutip situs resmi PSSI.

BLAI PSSI berulangkali menyelenggarakan lokakarya untuk kontestan Divisi I hingga Divisi III, dengan harapan pergelaran seluruh strata liga amatir ini terlaksana layaknya profesional. Lokakarya berupa pengenalan dan pemahaman manajemen klub tingkat dasar dan pelaksanaan pertandingan tingkat dasar ini wajib diikuti oleh seluruh unsur manajemen klub dan panitia pelaksana pertandingan.

"Setiap klub wajib mempunyai seorang manajer yang memahami seluruh aspek manajerial, sementara jajaran pelaksana pertandingan memahami tata-kelola pertandingan yang baik dan benar," ujar Iwan Budianto.

Share Artikel :

0 Komentar untuk "Badan Liga Amatir Indonesia; Berlakukan Beberapa Aturan Baru"

Tinggalkan Komentarnya Dulur

Back To Top